Menjemput Bidadari Dunia , Part 4 ~Contoh Proposal Nikah (Ta’aruf) ~



Alhamdulillah sudah sampai pada session 4 yang membahas contoh proposal nikah. Seperti yang sudah dijelaskan pada part sebelumnya bahwa proposal adalah alat bantu sederhana untuk mengenal seseorang.

Dengan fungsi proposal sebagai alat bantu maka apa yang kita tulis memberikan gambaran kita, siapa sejatinya diri kita. Jadi pergunakan bahasa sopan dan jelas, berikut contoh proposal taaruf sederhana. Cover bikin sendiri, biar proposalnya lebih  kece… 😎

Proposal Pernikahan
Segala Puji BAgi Allah SWT, Rabb Semesta alam yang dapat menyatukan hati-hati antara dua insan. Atas segala nikmat dzohir maupun batin, terutama nikmat iman, islam dan dakwah yang semoga senantiasa menjadikan segala aktifitas kita benuh ridho lagi berkah. Shalawat dan salam tak lupa semoga tercurah atas baginda kita nabi agung Muhammas SAW.

Pernikahan adalah tanda kekuasaan Allah swt bagi makhluknya.

”Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung & merasa tenteram kepadanya, & dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih & sayang.Sesungguhnya pd yg demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yg berpikir. (Al Qur’an Surat: Ar-Rum :21)

Di dalam surat Ar-Rûm disebutkan bahwa Nikah adalah salah satu ayat Allah Swt. Allah telah menciptakan makhluk secara berpasang-pasangan. Kita yang masih sendiri berfitrah untuk mencari pasangan hidup Sehinga dengannya Allah turunkan  kedamaian, cinta dan kasih sayang di antara pasangan .

Pernikahan merupakan simpul ikatan yang menyatukan seseorang dengan orang yang lain yang dengan itu ada pelimpahan amanah dari orang tua sang wanita kepada sang pria. Sehingga pantaslah pernikahan merupakan perjanjian yang berat yang harus dilandasi dengan penerimaan sepenuh hati tanpa terbesit hal yang buruk dihati serta harus dilandasi dengan pengetahuan akan konsekuensi dari janji tersebut. Meskipun berat tidak ada alasan bagi kita untuk menghindari pernikahan. Ketika dijalanan dengan sabar lagi ikhlas maka Allah akan mendatangkan pahala yang sangat besar.

Dengan pernikahan, berarti mempunyai VISI Membentuk keluarga muslim yang mencintai dan dicintai Allah sehingga sudah seharusnya pernikahan di dasarkan pada MISI :
     - Senantiasa berpedoman pada Al qur'an dan As sunnah
     - Meniatkan karena Allah
     - Menjadi pribadi yang selalu belajar dan memperbaiki diri
     - Memilih pasangan dengan proses yang syar'i
     - Senantiasa mengingat, mohon ampun, dan bersyukur kepada Allah

Pernikahan adalah proses penyatuan dua keluarga yang mempunyai adat, watak, budaya dan kebiasaan serta sifat yang berbeda sehingga tidak mudah seperti orang memasangkan merpati dengan merpati lainnya. Sehingga perlu kesiapan dan penerimaan sepenuhnya dari dua belah pihak, bukan hanya pada orang yang mau menikah. Meskipun pada akhirnya kitalah yang menjalankan aktifitas rumah tangganya.

Bagi saya pribadi, menikah mempunyai TUJUAN untuk mendapat ridho dan keberkahan dari Allah SWT sehingga dengan ridho dan keberkahan itu di dapat pula tujuan tujuan lainnya seperti :
·         Melaksanakan perintah Allah dan Sunnah Rasul
·         Menundukkan pandangan
·         Menjaga kemaluan /menghidari zina/ menghindarkan diri dari hal yang haram
·         Memenuhi (menggenapkan) separuh dien
·         Mendapat pertolongan Allah.
·         .Melanjutkan generasi muslim sebagai pengemban risalah Islam.
·         Mewujudkan keluarga Muslim menuju masyarakat Muslim.
·         Mendapatkan cinta dan kasih sayang Allah.
·         Agar kaya (sebaik-baik kekayaan adalah isteri yang shalihat).
·         Meluaskan kekerabatan (menyambung tali silaturahmi / menguatkan ikatan kekeluargaan)
·         Membanggakan Rasulullah dengan jumlah ummat beliau yang sholeh dan banyak.
·          Melipatgandakan dan menambah semangat serta kekuatan dakwah

Jodoh salah satu takdir Allah SWT yang akan berlaku bagi setiap hamba-Nya. Oleh karena itu segala usaha yang dilakukan oleh manusia hanyalah suatu cara meraba-raba takdir Allah swt tersebut. Proses ini merupakan salah satu bentuk ikhtiyar dalam hal menjemput takdir tersebut (Jodoh). Sehngga kemungkinan untuk berhasil atau tidak berhasil pastilah ada.

Berhasil atau tidaknya proses ini adalah suatu yang wajar dan manusiawi, mengingat jodoh manusia memang Allah yang menentukan. Jika berhasil atau tidak berhasil proses ini tidak ada unsur intervensi atau pemaksaan dari masing-masing pihak yang terlibat dan sepenuhnya keputusan diserahkan oleh pihak yang mengajukan dan diajukan. 

Sehingga apapun hasil nya (menolak atau menerima serta berhasil atau tidaknya) semua pihak harap maklum dan menerima dengan lapang dan serta bersih hati. Jika dalam awal, tengah dan akhir dari proses ini ada hal yang mengganjal dan lainnya alangkah baiknya jika dapat diselesaikan secara kekeluargaan. Sehingga semua masalah bisa tersolusikan dan terselesaikan tanpa menimbulkan bekas luka dari proses yang sedang berjalan.

Sebagai pertimbangan memilih calon bagi saja berikut saya lampirkan beberapa hal yang semoga bisa mempermudah dan membatu meliputi :
1.      Lampiran I (Biodata diri)
2.      Lampiran II (Biodata Singkat Keluarga)
3.      Lampiran III (Kriteria yang diinginkan)
4.      Lampiran IV (Gambaran singkat diri dan Keluarga serta rencana Pasca Nikah)
5.      Pas Photo
Demikian proposal ini saya buat dan saya ajukan yang dibauat dengan sebenar-benarnya dan dalam kondisi sadar.  Semoga Allah ridho dan memberkahi segala prosesnya.
Atas perhatian dan bantuannya saya sampaikan jazakumullah khairan katsiron.


Bumi Allah, 12 Rabiul Akhir 1436 H
Yang  Hendak Menikah


                                                                      Fulan Bin Fulan





Noted :
Jika ada yang tidak berkenan silakan diskusi lewat komentar atau hubungi saya melalui kontak yang ada di blog ini.

Menerima konsultasi sebisanya jika memang anda mempercayai saya untuk itu. Yang penting sesuai dengan prosedur kesopanan adat nusantara.

Semoga artikel ini bermanfaat. Bisa juga membaca artikel lainnya yang masih satu tema dengan artikel ini. Daftarnya ada dibawah. Atau masukkan kata kunci yang terkait barangkali membutuhkan artikel lainnya. Selamat membaca..
Allahu a'lam bishowab.

Bacaan Terkait :
Menjemput Bidadari Dunia , Part 2 ~Mengunci Incaran atau Ta’arufan ~
Menjemput Bidadari Dunia , Part 3 ~ Pilih Ta’arufan saja ~
Menjemput Bidadari Dunia , Part 4 ~Contoh Proposal Ta’arufan ~
Menjemput Bidadari Dunia , Part 5 ~AgendaTa’aruf ~
Menjemput Bidadari Dunia , Part 6 ~Khitbah~
Menjemput Bidadari Dunia , Part 7 ~Mengurus Surat Rekomendasi (Andon) Nikah ~
Menjemput Bidadari Dunia , Part 8 ~Tes Kesehatan Pra Nikah ~
Menjemput Bidadari Dunia , Part 9 ~Menentukan Mahar~
Menjemput Bidadari Dunia , Part 10 ~Seserahan~
Menjemput Bidadari Dunia , Part 11 ~Sembunyikanlah lamaran (khitbah), Umumkanlah Pernikahan~


Menjemput Bidadari Dunia , Part 13 ~Akad ~


Menjemput Bidadari Dunia , Part 17~Malam Pertama ~
 

4 comments for "Menjemput Bidadari Dunia , Part 4 ~Contoh Proposal Nikah (Ta’aruf) ~"

Comment Author Avatar
wah ada ada aja proposal nikah, ternyata tidak hanya rejeki yang perlu dijemput, tetapi juga bidadari perlu dijemput ya gan :D
Comment Author Avatar
proposalnya udh bagus.. tapi lebih bagus lg klo bsa di copas.. agr org2 yg pengen belajar mbuatnya, bisa jadi lebih mudah
Comment Author Avatar
Baca tulisan ini saya baru kepikiran tentang proposal kekgini. Hehehe sepintas lalu seperti lucu, tetapi sungguh ini perlu sehingga calon yang dilamar paham betul siapa yang melamarnya. Inspiratif.
Comment Author Avatar
Wah proposalnya serius banget nih... calon mertua bisa makin percaya ya

PERHATIAN :
Balasan dari komentar anonim/ unknown akan dihapus setelah 24 jam.

Menyisipkan Link hidup akan langsung DIHAPUS

Terimakasih sudah berkenan untuk berkunjung.
Simak juga komentar yang ada karena bisa jadi akan lebih menjawab pertanyaan yg akan diajukan.