Cara Mengurus (Prosedur) Perpanjangan SIM Di Cirebon Jawa Barat

 
Membuat sim baru jika melalui prosedur normal terbilang murah sekitar Rp 100.000 untuk SIM C (Sepeda motor) dan 120.00 untuk sim A bagi pengendara mobil yang mana untuk jangka waktu 5 tahun.


Berdasarkan pengalaman pribadi, untuk memperpanjang SIM total biaya yang dikelurakan adalah Rp 90.000 dengan rincian Rp 75.000 untuk biaya resmi perpanjangan SIM C dan 15.000 untuk biaya tes kesehatan. Sedangkan untuk biaya resmi perpanjangan SIM A Rp 80.000, dan Rp 15.000 untuk biaya kesehatan (penerbitan surat keterangan sehat dari dokter). Tentunya belum dihitung biaya adminintrasi lain seperti 2 lembar, jasa parkir  dan transportasi ke Polresatau tempat yang ditunjuk.

Adapun persyaratan membuat SIM baik baru atau perpanjangan adalah :
  • SIM Asli
  • Photo kopi KTP
  • Surat keterangan sehat dari dokter,
Setelah berkas disatukan dalam Map yang disediakan oleh polres, kita diminta ke loket/ bagian arsip untuk mengambil arsip permohonan pembuatan sim kita saat pertama kali membuat SIM seperti data diri, data tes tulis, tes praktek dan lainnya.

Setelah berkas yang diambil di bagian arsip sudah siap, maka berkas tersebut diserahkan ke loket pendaftaran perpanjangan. Dan tunggu sampai nama kita dipanggil oleh petugas.

Prosedur selanjutnya kita dminta membayar ke Bank untuk biaya perpanjangan sebesar Rp 75.000. setelah itu kita dikasih resi pembayaran dan dipanggil ulang untuk melengkapi form pengajuan perpanjangan (form sudah disediakan). Setelah form terisi, berkas kita kembalikan ke loket pedaftaran. Sekarang tinggal menunggu panggilan terakhir untuk pemotretan dan cetak kartu SIM baru. mudah bukan....
Ingat jangan sekali kali memakai jasa pihak ketga alias Calo. Hanya membutuhkan waktu 3 jam dari pertama dateng sampai keluar SIM baru. jika pendaftar sei, bisa lebih cepat dari waktu tersebut.

 Sedangkan untuk untuk pembuatan baru, harus melengkapi dengan tes sidik jari dan tes ujian tulis serta praktek. Biaya pembuatan baru sebesar Rp 120.000 untuk SIM A dan Rp. 100.000 untuk SIM C. tempat ujian tulis dan praktek sudah disediakan dalam satu lokasi untuk memudahkan, untuk pembuatan baru waktunya bisa sampai seharian. Selamat mencoba

Jika arikel  Prosedur Perpanjangan SIM Di Cirebon Jawa Barat ini bermanfaat, silakan dibagikan. Terimakasih atas kunjungannya.

Post a Comment for "Cara Mengurus (Prosedur) Perpanjangan SIM Di Cirebon Jawa Barat"